NAMA : BENNY
RICKI SITORUS
NPM : 21212427
KELAS : 3EB02
NPM : 21212427
KELAS : 3EB02
MATA KULIAH : BAHASA
INDONESIA 2 #SOFTSKILL
TUGAS : PROPOSAL PENELITIAN
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Penelitian
Lingkungan
kampus dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam perkembangan
pembelajaran mahasiswa. Kampus yang memiliki kondisi dan fasilitas yang memadai
dipercaya dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam rangka
meningkatkan prestasi belajar mereka meliputi hubungan yang baik antar mahasiswa,
hubungan antara mahasiswa dengan dosen, lingkungan fisik seperti ukuran kelas,
suhu udara di dalam ruang kelas, kenyamanan kelas, fasilitas kebersihan, fasilitas parkir kendaraan dan
keamanan kampus. Lingkungan kampus yang tidak sehat dipercaya akan membuat para
mahasiswa merasa stress dan gampang jenuh dan pada akhirnya menurunkan motivasi
belajar mahasiswa yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat pengaruh lingkungan
kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa sehingga dosen dan semua pihak yang
terlibat di dalam pengelolaan universitas dapat menggunakannya untuk
meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.
2.1. Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut diatas, maka masalah yang akan diidentifikasi adalah:
1. Bagaimana Kondisi lingkungan kampus.
2. Bagaimana pendapat mahasiswa tentang kondisi
lingkungan kampus.
3. Seberapa besar pentingnya lingkungan yang baik
bagi para mahasiswa.
3.1. Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud penelitian ini adalah untuk
memperoleh data dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
softskill.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk :
- Mengetahui kesadaran mahasiswa akan lingkungannya.
- Mengetahui minat belajar mahasiwa terhadap beberapa kondisi kampus.
- Mengetahui seberapa besar peran kampus dalam memfasilitasi mahasiswanya.
4.1 Kegunaan Hasil Penelitian
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat
memberikan manfaat dan kegunaan dari hasil penelitian ini sebagai salah satu
acuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan kampus yang mempengaruhi minat
belajar dan prestasi mahasiswa.
BAB II
PERUMUSAN HIPOTESA
2.1. Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
2.1.1 Kerangka Pemikiran
Seiring dengan meningkatnya kemajuan
tekonologi dan fasilitas-fasilitas di banyak lingkungan kampus khususnya di
perkotaan, dirasa perlu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemajuan
teknologi dan pengembangan fasilitas kampus tersebut dengan kemauan belajar dan
prestasi mahasiswa.
2.1.2 Hipotesis
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penulis mengemukakan
hipotesis bahwa kenyamanan lingkungan kampus dan fasilitas yang lengkap dapat
mempengaruhi minat belajar dan prestasi mahasiswa.
BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Jadwal, Lokasi dan Metode Penelitian
3.1.1 Jadwal Penelitian
Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014 .
3.1.2 Lokasi penelitian
Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis
melakukan penelitian di lingkungan Universitas Gunadarma.
3.1.3 Metode Penelitian
Penelitian ini
dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah dengan melakukan survei yang
bertujuan untuk menentukan variabel lingkungan kampus yang mempengaruhi
motivasi belajar mahasiswa berdasarkan pendapat mahasiswa itu sendiri. Dalam
survei pendahuluan akan dibagikan 100 kuesioner kepada mahasiswa Universitas
Gunadarma tahun akademik 2013/2014. Responden diminta untuk memberikan pendapat
tentang apa saja fasilitas di kampus yang kemungkinan mempengaruhi motivasi
belajar mereka. Secara keseluruhan, mahasiswa memberikan sembilan variabel
lingkungan kampus yang kondusif yang sesuai dengan landasan..
Tahap kedua
dalam penelitian yaitu dengan membagikan sebanyak 400 kuesinoer untuk mengetahui
penilaian mahasiswa terhadap setiap variable yang disajikan dalam kuesioner.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar