Selasa, 30 Desember 2014

Laporan Penelitian



NAMA                  :               BENNY RICKI SITORUS
NPM                    :               21212427
KELAS                 :               3EB02
MATA KULIAH     :               BAHASA INDONESIA 2 #SOFTSKILL
TUGAS                 :               LAPORAN PENELITIAN



Abstrak
Persaingan mutu perguruan tinggi baik negeri maupun swasta semakin ketat, sehingga  perguruan tinggi negeri harus benar-benar memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas lulusan mahasiswanya agar bisa diterima di dunia kerja dan masyarakat umum. Peningkatan fasilitas dan kualitas kampus menjadi salah satu faktor yang paling sering dipertimbangkan saat memilih suatau perguruan tinggi. Selain itu, perlu ditekankan pentingnya pengembangan kualitas sumber daya manusia untuk mencapai keunggulan bangsa dalam  persaingan global sehingga peran institusi pendidikan sebagai sebuah wadah untuk mengolah SDM agar berkualitas sangat penting. Untuk menganalisis  pengaruh dari lingkungan belajar kampus terhadap prestasi belajar mahasiswa, dapat diperoleh dari  pengamatan lapangan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.  Hasil pengamatan ini menunjukkan bahwa lingkungan belajar kampus memiliki  pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar para mahasiswa.

I. Pendahuluan
Lingkungan belajar yang ditata oleh kampus merupakan salah satu faktor yang dipercaya mempengaruhi perilaku para mahasiswanya baik dalam bersosialisasi maupun pada saat pengembangan pendidikan mereka selama menjalani pendidikan di dunia perkuliahan.

II. Maksud dan Tujuan Penelitian
                Maksud penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas softskill.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk :
1.            Mengetahui kesadaran mahasiswa akan lingkungannya.
2.            Mengetahui minat belajar mahasiwa terhadap beberapa kondisi kampus.
3.            Mengetahui seberapa besar peran kampus dalam memfasilitasi mahasiswanya.

III. Hasil Yang Diperoleh
            Setelah melakukan penelitian dan mengevaluasi pendapat-pendapat yang diterima dari pada mahasiswa melalui kuesioner, maka diperoleh :
1.       Sekitar 80% mahasiswa mengaku memperhatikan fasilitas dan keamanan yang ada di kampus Gunadarma, sedangkan sekitar 20% lainnya mengatakan tidak terlalu memperhatikan fasilitas yang ada di kampus.
2.       Sekitar 90 % mengatakan bahwa Fasilitas di kampus khususnya internet untuk menunjang pembelajaran masih kurang di universitas gunadarma, 10% lainnya mengatakan tidak berpengaruh kepada minat dan belajar mereka.
3.       Sekitar 60% mahasiswa berpendapat bahwa pihak kampus kurang memfasilitasi dan kurang berpartisipasi atas upaya menumbuhkan keinginan belajar dan menciptakan keamanan bagi para mahasiswa yang ada di kampus, sedangkan 40% mengatakan tidak terlalu perduli dengan partisipasi pihak kampus.

IV. Metodologi Penelitian
            Penelitian ini menggunakan Metode Pengisian kuesioner untuk memperoleh informasi dari mahasiswa yang berada di lingkungan universitas gunadarma khususnya untuk angkatan 2013/2014 yang merasakan tahun pertama mereka berada di lingkungan kampus.

V. Kesimpulan dan saran
Hal ini dapat kita mengetahui informasi bahwa Lingkungan kampus dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam perkembangan pembelajaran mahasiswa. Kampus yang memiliki kondisi dan fasilitas yang memadai dipercaya dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar mereka meliputi hubungan yang baik antar mahasiswa, hubungan antara mahasiswa dengan dosen, lingkungan fisik seperti ukuran kelas, suhu udara di dalam ruang kelas, kenyamanan kelas, fasilitas kebersihan, fasilitas parkir kendaraan dan keamanan kampus.  
Dengan terciptanya lingkungan kampus yang nyaman, kondusif, bersahabat dan di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai akan membuat mahasiswa sadar dan peduli terhadap pendidikan dan lingkungan kampus mereka serta termotivasi untuk belajar dan berprestasi. Pembiasaan ini pada akhirnya akan menjadi modal yang berharga  bagi mahasiswa dalam menghadapi lingkungan lebih nyata yang ada diluar kampus.

Proposal Penelitian



NAMA                        :           BENNY RICKI SITORUS
NPM                           :           21212427
KELAS                       :           3EB02
MATA KULIAH          :           BAHASA INDONESIA 2 #SOFTSKILL
TUGAS                       :           PROPOSAL PENELITIAN


BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang Penelitian
Lingkungan kampus dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam perkembangan pembelajaran mahasiswa. Kampus yang memiliki kondisi dan fasilitas yang memadai dipercaya dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dalam rangka meningkatkan prestasi belajar mereka meliputi hubungan yang baik antar mahasiswa, hubungan antara mahasiswa dengan dosen, lingkungan fisik seperti ukuran kelas, suhu udara di dalam ruang kelas, kenyamanan kelas, fasilitas kebersihan, fasilitas parkir kendaraan dan keamanan kampus. Lingkungan kampus yang tidak sehat dipercaya akan membuat para mahasiswa merasa stress dan gampang jenuh dan pada akhirnya menurunkan motivasi belajar mahasiswa yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan apakah terdapat pengaruh lingkungan kampus terhadap motivasi belajar mahasiswa sehingga dosen dan semua pihak yang terlibat di dalam pengelolaan universitas dapat menggunakannya untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.

2.1. Identifikasi Masalah
            Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka masalah yang akan diidentifikasi adalah:
1. Bagaimana Kondisi lingkungan kampus.
2. Bagaimana pendapat mahasiswa tentang kondisi lingkungan kampus.
3. Seberapa besar pentingnya lingkungan yang baik bagi para mahasiswa.

3.1. Maksud dan Tujuan Penelitian
            Maksud penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas softskill.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk :
  1. Mengetahui kesadaran mahasiswa akan lingkungannya.
  2. Mengetahui minat belajar mahasiwa terhadap beberapa kondisi kampus.
  3. Mengetahui seberapa besar peran kampus dalam memfasilitasi mahasiswanya.

4.1 Kegunaan Hasil Penelitian
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan kegunaan dari hasil penelitian ini sebagai salah satu acuan untuk memperbaiki kondisi lingkungan kampus yang mempengaruhi minat belajar dan prestasi mahasiswa.


BAB II
PERUMUSAN HIPOTESA

2.1. Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
2.1.1 Kerangka Pemikiran
            Seiring dengan meningkatnya kemajuan tekonologi dan fasilitas-fasilitas di banyak lingkungan kampus khususnya di perkotaan, dirasa perlu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemajuan teknologi dan pengembangan fasilitas kampus tersebut dengan kemauan belajar dan prestasi mahasiswa.

2.1.2 Hipotesis
Berdasarkan identifikasi masalah diatas maka penulis mengemukakan hipotesis bahwa kenyamanan lingkungan kampus dan fasilitas yang lengkap dapat mempengaruhi minat belajar dan prestasi mahasiswa.


BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Jadwal, Lokasi dan Metode Penelitian
3.1.1 Jadwal Penelitian
          Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2014 .

3.1.2 Lokasi penelitian
        Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka penulis melakukan penelitian di lingkungan Universitas Gunadarma.

3.1.3 Metode Penelitian
Penelitian ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama adalah dengan melakukan survei yang bertujuan untuk menentukan variabel lingkungan kampus yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa berdasarkan pendapat mahasiswa itu sendiri. Dalam survei pendahuluan akan dibagikan 100 kuesioner kepada mahasiswa Universitas Gunadarma tahun akademik 2013/2014. Responden diminta untuk memberikan pendapat tentang apa saja fasilitas di kampus yang kemungkinan mempengaruhi motivasi belajar mereka. Secara keseluruhan, mahasiswa memberikan sembilan variabel lingkungan kampus yang kondusif yang sesuai dengan landasan..
Tahap kedua dalam penelitian yaitu dengan membagikan sebanyak 400 kuesinoer untuk mengetahui penilaian mahasiswa terhadap setiap variable yang disajikan dalam kuesioner.